Mengaplikasikan Pupuk Organik
Tangkerang Labuai, Bukit Raya Pekanbaru
08127653753
Super User
compartir este

Mengaplikasikan Pupuk Organik

24 Dic 2022
Published in Kegiatan Lain
Mengaplikasikan Pupuk Organik

Dosen Dr Fahrial UIR Berharap Seluruh Peserta Mampu Mengaplikasi Hasil Sosialisasi Pupuk Organik.

Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru Prodi Agribisnis dan Agroteknologi yang dipimpin Dosen Dr. Fahrial, SP, SE, ME bersama mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat tentang sosialisasi sekaligus praktek bertanam menggunakan pupuk organik, Sabtu (24/9/2022).

Praktek itu sendiri menggunakan  media tanam pada Tanaman Hortikultura untuk Perkarangan, yang dilaksanakan di Jalan Madrasah Kelurahan Tangkerang Tengah,  Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. 

Adapun peserta kali ini berasal dari kalangan pelaku UMKM Se- Kota Pekanbaru meliputi Petani tanaman sayur-sayuran, Buah-buahan, Petani Kelapa Sawit, Organisasi Agama Nahdlatul Wathan (NW), Direktur dan Karyawan perusahaan PT. Estika Permata Andalan serta Ibu-ibu perberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Dalam kegiatan pelatihan ini, Dr. Fahrial menyebutkan bahwa kegiatan PKM ini terdiri dari pembukaan kegiatan PKM oleh Produsen Pupuk Organik ATS Andalan Ustazd Abdul Gafur serta memperkenalkan pupuk organik Padat ATS Andalan kepada masyarakat luas. 

Kemudian, penyampaian materi oleh Tim Dosen PKM Faperta UIR dan sosialisasi pupuk organik ATS Andalan produksi anak negeri Provinsi Riau yang telah mendapatkan izin edar Kementan RI serta hasil uji labor dari IPB dan Scopindo serta penggunaan pupuk organik ke media tanam. 

Beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan pengabdian ini antara lain sosialisasi strategi pemasaran dan pengembangan Bisnis Pertanian Bagi Pelaku UMKM, Pemanfaatan Lahan Perkarangan Rumah, Pupuk Organik ATS Andalan untuk  pelaku UMKM, serta pembuatan media tanam, pemupukan dan penanaman tanaman cabe di polybag untuk tanaman perkarangan.

Pada kegaiatan pengabdian ini juga dilakukan pemberian pupuk organik ATS Andalan, kapur pertanian, bibit cabe, dan polybag serta penyerahan sertifikat untuk peserta dan pemateri. 

"Kami mengharapkan peserta yang mengikuti Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah dapat berkelanjutan dan dilaksanakan dalam bertanam diperkarangan dan lahan yang lebih luas serta memberi peluang bisnis bagi keluarga dan masyarakat pada umumnya," ujar Fahrial. (Lancang Kuning)

TAGS:
Published in Kegiatan Lain

More Related Articles

Read 997 times Last modified on Sábado, 24 Diciembre 2022 13:40

Contact us

Tangkerang Labuai, Bukit Raya Pekanbaru
HP: 08127653753
Phone: 0761-40413
Email: info@fahrial.com